BeTimes.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai mengoperasikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Pusat Perbelanjaan Lotte Mart, Kecamatan Cikarang Utara dan sudah membuka beberapa jenis layanan di antaranya perizinan maupun Pencatatan Sipil.
Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, Yanyan Akhmad Kurnia mengatakan, selain dua layanan di atas beberapa layanan akan siap beroperasi, seperti Pelayanan Pajak, Bea Cukai, Samsat, Keimigrasian, Taspen, Kementrian Agama dan Perbankan.
“Ada 2 Instansi yang sudah mulai melayani yaitu DPMPTSP dan Disdukcapil, untuk gerai – gerai yang lain akan dibuka secara bertahap,” ungkapnya.
Yanyan menjelaskan, langkah Soft Launching MPP ini dimaksudkan agar tidak ada lagi persoalan saat MPP dioperasikan Menteri PAN-RB
Ditambahkan, Mal Pelayanan Publik ini sendiri rencananya akan diresmikan MenPAN-RB dan Bupati Bekasi. Pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatu yang dirasa masih kurang.
Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Bekasi Sutiaresmulyawan mengungkapkan, pendirian MPP untuk meningkatkan pelayanan dan mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga mudah mencari tempat pelayanan karena berkumpul di satu tempat
“Kalau sekarang kan masyarakat mau meminta pelayanan harus ke instansi, misalkan mau ke pertanahan harus ke Lippo, mau ke pajak harus ke Cikarang. Nah, kita buat satu tempat agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan pelayanan,” katanya.
Menyinggung penerapan MPP, dikatakan selama pendemi Covid-19, MPP Kabupaten Bekasi ini tetap dibuka dan tetap melayani dengan menerapkan protokol kesehatan. “Kita nanti akan ada penyekatan, baik antar pemohon dengan pelayan, termasuk dengan pengecekan suhu tubuh, dan alat cuci tangan sudah dipersiapkan,” ucapnya.
Perlu diketahui, MPP Kabupaten Bekasi akan disiapkan dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan aturan dari Kemenpan RB, seperti Ruang laktasi, Arena bermain anak, Toliet, Pelayanan Khusus kaum Difabel, Mushola, dan ruang tunggu yang nyaman. (hms/hem)
Komentar