Jelang Pemilu 2024, Masyarakat Harus Hindari Kampanye Hitam

Politik725 Dilihat

Untuk mengatasi hal itu, lanjut Dikson, masyarakat harus terlebih dahulu memastikan informasi yang diterima sesuai dengan 5W+1H.

“Kalau baca berita atau tulisan dan nonton video di grup WhatsApp atau media sosial lainnya pastikan itu benar atau tidak benar itu tadi ya. Apa, siapa, kapan, dimana dan bagaimana, 5 pertanyaan ini harus disiapkan setiap kali membaca atau menonton informasi,” pintanya.

Menurutnya, 5W+1H merupakan konsep dasar seseorang untuk menjadi wartawan atau jurnalis. Dengan memahami konsep itu, masyarakat dapat terhindar dari informasi negatif dan kampanye hitam.

“Itu sebetulnya dasar orang menjadi wartawan. Jadi kita harus menjadi wartawan bagi diri sendiri yang membuat tahu informasi apapun. Agar tidak terjebak dan tidak membuat masalah,” tukas Dikson yang juga pengurus DPP Taruna Merah Putih.

Sementara itu, Praktisi Media, Rudi S Kamri mengatakan meminta para relawan Ganjar-Mahfud dapat menjadi agen informasi yang akurat dan kredibel.

“Kita menjadi agen dari informasi. Jangan mencekoki masyarakat dengan informasi macam-macam atau aneh-aneh yang tidak masuk akal,” katanya. (Ral)

Komentar