Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Gelar IKP Goes To School

Pendidikan228 Dilihat

Diskominfosantik Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan IKP Goes To School,


BeTimes.id– Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Rhamdan Nurul Ikhsan mengatakan, IKP Goes To School merupakan program khusus yang menyasar pelajar SMA-SMK,  untuk mensosialisasikan pemahaman terhadap literasi digital. 

Hal itu dikatakannya dalam gelaran IKP Goes To School, yang dilaksanakan di SMAN I Cikarang Pusat.  Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) melalui Bidang IKP kembali menggela IKP,  Kamis (16/5),

Kegiatan tersebut untuk memperkenalkan kepada para pelajar tentang pentingnya literasi digital di era perkembangan teknologi yang semakin pesat. 

“IKP Go to School yang kedua ini, dilaksanakan di SMA I Cikarang Pusat untuk menyampaikan terkait literasi digital kepada siswa-siswi SMA-SMK. Supaya para pelajar memahami tentang pentingnya literasi digital,” jelasnya. 

Ramdan menjelaskan, siswa diajarkan mengenai pemanfaatan teknologi informasi, tentunya  pemateri yang mempuni di bidangnya, mencakup public speaking dan konten kreator. 

Menurutnya, dengan materi yang diberikan, siswa siswi akan memahami pemanfaatan teknologi informasi, di tengah perkembangan media sosial di masyarakat. 

“Dari media sosial itu juga bisa menjadi peluang bagi siswa siswi yang memiliki kreativitas, kemampuan dan memahami pembuatan konten. 

Nah, tentunya dengan ini kita mengarahkan agar pelajar mampu membuat konten dan mengenal konten positif,” jelasnya. 

Ramdan menambahkan, IKP Goes To School yang dikemas santai dan komunikatif ini mendapat apresiasi dari para siswa yang terhibur dengan sistem pembelajaran yang disampaikan. 

“Kedepan kita, akan mendatangi sekolah SMA-SMK lain di kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi. Mudah mudahan kita bisa menjangkau ke semua kecamatan,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri I Cikarang Pusat, Ahmad Sayuti mengharapkan kegiatan IKP Goes To School bisa hadir kembali di sekolahnya. Pasalnya, materi yang disampaikan sangat menarik dan penting difahami tiap siswa. 

“Kita menyadari perkembangan teknologi informasi yang sangat sporadis, terutama informasi dari dunia maya atau internet. Ini butuh, kemampuan dan sikap positif dari anak-anak untuk bisa menggali informasi secara bijak. Kegiatan ini, sangat membantu anak anak didik kita,” katanya. 

Sayuti mengungkapkan, dengan materi dan arahan yang positif berkaitan tentang pentingnya literasi digital, siswa- siswi akan mampu mengambil peluang untuk kemajuan masa depannya. 

“Tentu literasi digital bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan informasi dan kreativitas anak-anak kami untuk menjadi konten kreator. Bisa youtuber, selegram membuat blog dan sebagainya. Ini bisa menjadi modal kreativitas, sekaligus potensi menggali nilai rupiah buat anak anak kedepan,” katanya. 

Ia menambahkan, dengan motivasi dari kegiatan yang dilaksanakan ini, pelajar akan semakin mengerti dan memahami, serta mampu memilah dan memilih serta tertarik untuk terjun di dunia komunikasi.(adv)

Komentar