Program Inovatif Botram Menjangkau Pelosok Desa di Kabupaten Bekasi

Pemerintahan141 Dilihat

BeTimes.id–Program inovatif Botram (Berkolaborasi Terus Melayani) yang digagas Pemerintah Kabupaten Bekasi terus mengalami perkembangan sejak pertama kali dilaunching Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat di Kecamatan Setu, Maret tahun lalu.

Penyelenggaraan BOTRAM yang semula diadakan 3 bulan sekali dengan berkeliling ke setiap kecamatan, ternyata mendapat respon positif. Sehingga BOTRAM ini menjadi lebih intens seminggu tiga kali.

Bahkan, saat ini Botram hadir menjangkau setiap desa. “Desa Ciantra mencatatkan sejarah untuk Botram Desa yang pertama. Kedepannya diharapkan menjadi role model, kalau dulu dimulai di tingkat Kecamatan sekarang di desa dan intensitasnya lebih tinggi. Tentunya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Pj Bupati Dani Ramdan usai membuka acara Botram di Halaman Kantor Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan, Selasa (9/7).

Dani Ramdan mengatakan, berbeda dengan Botram Kecamatan yang hadir di akhir pekan.

Stand-stand pelayanan di Botram Desa justru tersedia di hari kerja. Kendati demikian animo masyarakat yang hadir di launching perdana Botram desa ini begitu antusias.

Terlihat dari antrian pada stand pelayanan adminduk dan pelayanan pembayaran pajak dari Bapenda.”Kami juga mengapresiasi upaya yang dilakukan aparatur desa untuk menginformasikan layanan Botram ini. Terlihat dari antusias masyarakat begitu ramai dan penuh siang hari ini meskipun di hari kerja. Kerjasama seperti ini yang dibutuhkan,” jelasnya.

Ditambahkan, sebagaimana slogan Pemerintah Kabupaten Bekasi yakni Makin Berani (Mantapkan Kinerja dalam Bekerja dan Melayani), dalam implementasinya selain meningkatkan intesitas penyelenggaraan Botram seminggu tiga kali.

Kedepan pihaknya juga akan mensupport setiap dinas yang membuka pelayanan dalam kegiatan botram dengan mobil layanan keliling agar lebih efektif dan efisien.

“Dengan mobil layanan keliling ini nantinya jadi lebih ringkas, peralatan dan pelayanan oleh petugas itu bisa dari kendaraan. Ditambah tenda yang terpasang di kendaraan, jadi lebih praktis. Dan membantu mobilitas pelayanan itu sendiri, mau di lapangan, di halaman kantor desa, di mall. Kita siap menjangkau masyarakat,” terangnya.

Pada Botram perdana di Desa Ciantra ini terdapat 7 pelayanan dari beberapa instansi, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Ketenagakerjaan, BPJS, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Badan Pendapatan Daerah, dan Dinas Sosial.(***)

Komentar