Antisipasi Pohon Tumbang, Sudin Tamhut Jakpus Tebang 6.505 pohon

Uncategorized160 Dilihat

BeTimes.id–Antisipasi tumbang dan sempal ribuan pohon rindang ditopingribuan pohon rindang di wilayah Jakarta Pusat (Jakpus) ditoping atau dipangkas.

Sementara sejumlah pohon juga ditebang karena keropos dan mati. Hal ini sebagai salah satu upaya mengantisipasi terjadinya pohon tumbang atau sempal.

Jumlah pohon yang dipangkas tersebut merupakan data dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) Jakarta Pusat (Jakpus), dari Januari hingga minggu 1 Januari 2024 yang totalnya sebanyak 6.505 pohon.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus, Mila Ananda mengatakan pemangkasan tersebut merupakan bagian dari perawatan rutin. “Total pohon yang dipangkas sejak Januari hingga minggu I Juli 2024 sebanyak 6.505 pohon,” kata Mila, Kamis (11/7).

Selain itu, sebanyak 30 pohon ditebang karena keropos, kering dan mati. Sedangkan untuk penanganan pohon tumbang atau sempal sebanyak 203 pohon.

Mila menjelaskan perawatan pohon selain dengan pemangkasan juga penyiraman, pemupukan, pemasilan benalu dan penebangan karena kering atau mati, keropos, miring lebih dari 30 derajat yang dipastikan memiliki potensi bahaya.

“Kami juga melakukan pengecekan kesehatan pohon dengan alat arbosonic yang berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota,” jelasnya.

Mila menambahkan kegiatan pemangkasan yang sifatnya perawatan rutin dilakukan secara berkala oleh tim penanganan pohon di bawah koordinasi Seksi Jalur Hijau dan Makam Sudin Tamhut Jakpus.

Pemangkasan pohon ini ditujukan untuk mengurangi beban dari akar pohon, mempertahankan estetika pohon dan peremajaan cabang dan tunas baru.

Selain pemangkasan rutin, Sudin Tamhut Jakpus juga menangani permohonan pemangkasan dari masyarakat, instansi pemerintah dan swasta yang disampaikan melalui surat ataupun permohonan langsung.

“Kami juga menangani permohonan melalui kanal aduan (CRM) yang disampaikan melalui elektronik system,” imbuhnya. (Davin)

Komentar