Disnaker Kabupaten Bekasi Buka Stand Dalam Program Botram

Pemerintahan181 Dilihat

Sejumlah pencaker  memadati stand pelayanan Disnaker Kabupaten Bekasi di Halaman Kantor Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara.

BeTimes.id–Dinas Kenenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bekasi membuka stand pelayanan dalam program Berkolaborasi Terus Melayani (Botram) tingkat kecamatan maupun desa untuk pembuatan kartu kuning atau AK1 dan infomasi pasar kerja di Halaman Kantor Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Rabu (24/7).

Ketua Tim (Katim) Peningkatan Produktifitas Disnaker Kabupaten Bekasi, Muhammad Ridwan mengatakan, selama pelaksanaan Botram, pihaknya turut andil membuka stand pelayanan dengan melibatkan  bidang informasi pasar kerja dan peningkatan produktifitas serta bidang penempatan tenaga kerja.

“Kita menyampaikan lowongan pekerjaan yang tertera papan barcode, sedangkan untuk bidang penempatan memberikan layanan AK1 atau pembuatan kartu kuning,” katanya.

Dijelaskan, pada stand layanan Disnaker juga terpampang jelas informasi lowongan pekerjaan dari beberapa perusahaan di Kabupaten Bekasi yang dilengkapi barcode perusahannya. Masyarakat juga bisa mengakses informasi pasar kerja melalui Karirhub dan aplikasi SIAP kerja.

“Delapan posisi yang sedang membutuhkan tenaga kerja dari PT. Nippon Steel, Mattel Indonesia, Denso Indonesia, ada juga barcode yang nge-link dengan bursa kerja milik Kementerian Ketenagakerjaan RI secara nasional, namun Disnaker Kabupaten Bekasi juga memiliki platform SIP Kerja melalui aplikasi Bebunge,” jelas Muhammad Ridwan.

Dikatakan, jika Disnaker  hadir dalam program Berkolaborasi Terus Melayani agar masyarakat, khususnya fresh graduate atau para lulusan baru bisa mengetahui informasi lowongan pekerjaan, sebagai langkah menghindari hoax terkait informasi (Loker) di tengah masyarakat karena sangat merugikan.

“Sering ditemukan lowongan pekerjaan yang hoax, nah salah satu kita di sini itu menyampaikan informasi kita jamin lowongan yang sudah terpampang bursa kerja ini sudah terverifikasi dan dapat dipertanggung jawabkan, di sini kami juga melayani pembuatan kartu kuning AK1 persyaratannya tidak ribet pas foto 3×4, fotocopy KTP/KK dan Ijasah Terakhir berkas langsung jadi,” Jelasnya.

Stand pelayanan Disnaker pada gelaran Botram di Desa Jejalen Jaya dikerumuni para anak-muda, seperti Shesha Audia (18) lulusan tahun 2024 dari SMK Karya Bangsa. Dia mengakui keperluannya datang ke stand Disnaker untuk mengurus kartu kuning.

“Tadi diminta download aplikasi Bebunge untuk daftar pembuatan kartu kuning persyaratannya mudah udah lengkap juga, udah coba scane barkode pas dibuka ada banyak perusahaan yang buka lowongan,” ungkapnya.

Sementara itu, Nabila Putri (18) yang telah lulus dari SMK Al-Munir mengaku mendapat informasi Botram di Desa Jejalan Jaya dari lingkungan perumahannya. Nabila menyambut baik hadirnya pelayanan Botram kali ini yang mana memberi kemudahan untuk mengurus kartu kuning.

“Saya lagi antre baru mau ngurus, selain bikin kartu kuning di sini ada informasi pasar kerja mudah-mudahan tahun ini bisa ikut seleksi dan tes kerja, pelayanan bisa mempermudah kita kayak orang mau buat surat yang mau kerja sangat mudah ga perlu datang ke kantor dinas,” tandasnya.(***)

Komentar