Kapolri Mutasi 6 Kapolda dan 151 Pamen Polri

Hukum251 Dilihat

BeTimes.id–Sebanyak 157 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) mutas dan rotasi, enam Kapolda di antaranya sebagai langkah penyegaran organisasi.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani As-SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo, Jumat 26 Juli 2024. Enam pati yang dipromosikan sebagai Kapolda adalah Irjen Hendro Pandowo dengan jabatan lama Sahli Sosbud Kapolri. Mantan Wakapolda Metro Jaya ini diangkat sebagai Kapolda Bangka Belitung (Babel).

Ia menggantikan Irjen Tornagogo Sihombing yang mendapatkan penugasan di luar struktur Polri. Selanjutnya Irjen Eddy Sumitro Tambunan, Koorsahli Kapolri ini akan memegang tongkat komando sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Lotharia Latif yang akan mengemban tugas di luar struktur.

Kemudian Brigjen Ribut Hari Wibowo yang saat ini menjabat Karobinkar SSDM Polri dipromosikan untuk menjadi Kapolda Jawa Tengah menggantikan Irjen Ahmad Lutfi yang mendapat penugasan pada Kementerian Perdagangan.

Tongkat komando Kapolda Kalimantan Utara, Irjen Daniel Aditya Jaya juga akan diserahkan kepada Irjen Hari Sudwijanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri. Sementara Irjen Daniel jadi Kapolda Bali untuk menggantikan Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra yang memasuki masa pensiun.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga mempromosikan Brigjen Anwar. Karowatpres SSDM Polri ini mendapat kepercayaan untuk menjabat Kapolda Bengkulu menggantikan Irjen Armed Wijaya yang menjadi Analis Kebijakan Utama Pidum Bareskrim Polri.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan mutasi dan rotasi di tubuh Polri sebagai hal biasa di lingkungan Korps Bhayangkara untuk meningkatkan kinerja anggota.

“Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangkat meningkatkan kinerja, tour of duty of area,” kata Trunoyudo dalam keterangannya, Sabtu (27/7). (***)

Komentar