Tanpa Senjata Api, Polri Amankan Aksi Unjuk Rasa di DPR/MPR RI dan KPU RI

Uncategorized108 Dilihat

BeTimes.id–Polri mengerahkan 5.012 personel gabungan untuk mengamankan aksi massa di depan Gedung DPR/MPR RI dan KPU RI.

“Pengamanan aksi elemen massa dan Mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR RI, melibatkan sejumlah 3.719 personel gabungan dan di depan KPU RI melibatkan 1.293 personil,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, Jumat (23/8).

Personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.

Susatyo menyebut, personel keamanan akan ditempatkan di sekitar Gedung DPR RI dan KPU RI untuk mencegah massa masuk ke dalam gedung ataupun menutup jalan tol di depan Gedung DPR.

Terkait penutupan arus lalu lintas di sekitar gedung DPR RI dan KPU RI, kata Susatyo bersifat situasional. Rekayasa arus lalulintas juga akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika di lapangan.

“Bila nanti di depan DPR RI massa cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan dilakukan penyekatan di Pulau Dua,” ucap Susatyo.

Susatyo menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengutamakan negosiasi dan pelayanan secara humanis.

Susatyo mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan peserta aksi melakukan dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga dapat berjalan aman dan tertib sesuai harapan semua.

“Personel pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan tetap menghargai massa aksi yang akan menyampaikan pendapatnya,” tutup Susatyo.

Selesai apel, seluruh pasukan diadakan pengecekan dan penggeledahan Danton dan Danki untuk memastikan anggota yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api.(***)

Komentar