Hukum44 Dilihat

Lumpuhkan Pria Bersenjata Badik, KapolrI Beri Bhabikantibmas Pulogadung Tiket Sekolah PAG

BeTimes.id–Aksi heroik Anggota Bhabinkantibmas Polsek Metro Pulogadung, Jakarta Timur Aiptu Agus Supriyatna, melumpuhkan pria yang mengacungkan golok, mendapat perhatian warganet. Pelaku yang berhasil digulungkan Bintara Polri itu belakangan diketahui Bernama Danovan Sembiring Meliala, berusia 43 tahun.

Peristiwa pelaku berbadan tambun itu mengacungkan golok terjadi di pinggir jalan raya, tepatnya di Jalan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis 5 September 2024.

Aksi Aiptu Agus juga membetot perhatian Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Akibat aksi heroik itu, Kapolri memberikan tiket sekolah Pendidikan Alih Golongan (PAG) kepada Aiptu Agus Supriyatna.

Jenderal Sigit menilai Aiptu Agus responsif terhadap laporan masyarakat, dengan bergerak cepat ke lokasi Danovan mengacung-acungkan goloknya di Jalan Kayu Putih, Pulogadung. Respons cepat Aiptu Agus, Jenderal Sigit mengatakan, demi mencegah terjadinya hal-hal yang membahayakan masyarakat.

“Tentunya Polri menyampaikan apresiasi terhadap aksi heroik dari Aiptu Agus. Berkat keberanian dan kinerjanya yang maksimal dalam melindungi keselamatan masyarakat di wilayahnya dari ancaman pelaku,” kata Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo, saat dihubungi, Jakarta, Jumat (6/9).

“Sebuah penghargaan diberikan oleh Bapak Kapolri kepada yang bersangkutan, yakni PAG tahun ini,” sambung Irjen Dedi.

Irjen Dedi menuturkan aksi heroik Aiptu Agus merupakan wujud dari Polri yang terus berkomitmen melayani, melindungi serta mengayomi masyarakat. Dia berharap anggota Polri lainnya dapat mencontoh keberanian dan kesigapan Aiptu Agus saat masyarakat membutuhkan pertolongan dan perlindungan.

“Ini merupakan komitmen dari Polri yang terus melayani, melindungi dan mengayomi seluruh masyarakat,” ujar Irjen Dedi.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini pun berharap masyarakat tidak segan melapor ke pihak berwajib apabila melihat, mendengar, dan mengetahui peristiwa yang meresahkan, melawan hukum, apalagi membahayakan keselamatan masyarakat.

“Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo senantiasa menginstruksikan kepada seluruh jajaran, baik di tingkat Mabes Polri hingga polsek, untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada warga,” ucap Dedi.

Diketahui, pelaku turun dari kendaraan dan melakukan pengancaman terhadap tukang parkir dan pengendara lain dengan menggunakan satu buah senjata tajam jenis golok.

Selanjutnya, Aiptu Agus dating dengan mengendarau sepeda motor dan meminta pelaku menyimpan senjata tajam miliknya. Namun pelaku mengarahkan senjata tajam jenis badik.

Aiptu Agus lalu menjabat tangan pelaku. Namun pelaku malah memukul wajah Aiptu Agus.

Akhirnya Aiptu Agus melumpuhkan pelaku dan mengamankan golok yang digunakan untuk mengancam pengguna jalan lainnya. Selanjutnya, untuk mempertanggungjawabkan pelaku selanjutnya digelandang ke Mapolsek Metro Pulogadung. (Dean)

Komentar