Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Jakpus Gencarkan Sosialisasi

Uncategorized48 Dilihat

BeTimes. Id–Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Jakarta 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat mengencarkan sosialisasi ke komunitas dan segmen pemilih Masyarakat yang ada di Jakarta Pusat.

Menurut Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Jakarta Pusat, Sahat Dohar Manullang, pihaknya menginstruksikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Jakarta Pusat turun langsung kepada komunitas dan segmen pemilih untuk melakukan sosialisasi Pilkada Jakarta.

“Setelah penetapan Daftar Pemilih dan Pasangan Calon, saat ini kami menggencarkan sosialisasi kepada komunitas dan segmen pemilih agar perhelatan Pilkada diketahui oleh seluruh segmen Masyarakat di Jakarta Pusat”, ujar Sahat saat menghadiri sosialisasi pemilihan kepada pemilih pemula di salah satu SMK di Cempaka Putih (30/9).

Adapun segmen pemilih yang dijangkau dalam sosialisasi KPU Jakpus adalah: Pemilih Pemula, Pemilih Muda, Pemilih Perempuan, Penyandang Disabilitas, Kelompok Marjinal, Komunitas, tokoh agama, kelompok keagamaan, dan warga netizen.

Sisa waktu kurang lebih dua bulan menuju Pemungutan Suara, pihak KPU Jakpus ingin menjangkau berbagai segmen masyarakat agar partisipasi pengguna hak pilih meningkat. Menurut sahat, partisipasi pemilih di Jakarta Pusat masih dibawah rata-rata partisipasi pemilih se DKI Jakarta sehingga dilakukan sosialisasi dan berharap meningkat pada Pilkada 2024.

“Partisipasi pemilih di Jakarta Pusat pada dua kali pemilihan terakhir dibawah rata-rata partisipasi pemilih Provinsi DKI Jakarta. Pemilu 2019, rata-rata partisipasi pemilih di DKI Jakarta 79,28 % sedangkan di Jakarta Pusat 76,5 %. Sedangkan pada Pemilu 2024, rata-rata partisipasi pemilih dki Jakarta 78,7 % sementara di Jakarta Pusat 73,5 %”, ujar sahat.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Cempaka Jakarta Pusat, M Solehan, M.Kom, menyambut baik sosialisasi dari KPU Jakarta Pusat yang dilaksanakan di Sekolah. Pihaknya berharap agar KPU dapat menyampaikan Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula yang merupakan Siswa Siswi Kelas XI dan XII untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi menggunakan hak pilihnya.

“Terimakasih kepada KPU Jakarta Pusat yang melaksanakan sosialisasi kepada Pemilih Pemula di Sekolah-sekolah. Kami berharap kesadaran dan partisipasi pemilih pemula meningkat pada Pilkada Jakarta”, ujar Solehan.

Ketika ditanya target tingkat partisipasi pemilih di Jakarta Pusat, Sahat selaku Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Jakarta Pusat mengatakan ingin meningkatkan rata-rata tingkat partisipasi diatas dua kali pemilihan sebelumnya. Menurutnya target tersebut realistis dapat dicapai dengan gencarnya sosialisasi yang akan dilaksanakan.

“Target tingkat partisipasi 77 % ingin kami capai pada pemilihan Pilkada Jakarta Tahun ini. Target tersebut akan kami capai dengan menggencarkan sosialisasi selama dua bulan terakhir menuju hari pencoblosan”, pungkas Sahat. (Davin)

Komentar