GAMKI Berharap Sidang Raya PGI Lahirkan Pemikiran Demi Kemajuan Gereja

Uncategorized118 Dilihat

BeTimes.id–Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sahat Martin Philip Sinurat dan rombongan disambut oleh Sekretaris Umum MPH PGI, Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty dan Koordinator Biro Pemuda dan Remaja PGI, Rosiana Purnomo.

Dalam pertemuan tersebut, DPP GAMKI menyatakan dukungan penuh atas penyelenggaraan Sidang Raya PGI yang akan dilaksanakan pada awal November 2024 mendatang di Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Harapan kami bahwa Sidang Raya dapat terlaksana dengan baik, dan pembahasannya dapat menghasilkan pemikiran yang bernas demi kemajuan gereja, masyarakat, bangsa, dan negara,” kata Sahat, di Grha Oikumena, Jakarta, batu-baru ini.

Selain itu, Sahat menyampaikan juga bahwa GAMKI bersama lembaga keumatan Kristen lainnya akan menyemarakkan kegiatan Sidang Raya dengan kegiatan berupa dialog kebangsaan.

“Penting menjadi pemikiran kita bersama untuk menyusun strategi kaderisasi dan distribusi kader Gereja, agar potensi kader siap diterjunkan ke semua bidang masyarakat,” lanjut Sahat.

GAMKI dan PGI sepakat untuk mendukung pemerintahan ke depan secara positif dan kritis agar dapat memberikan kebijakan yang baik dan adil kepada seluruh rakyat Indonesia.

“Kita mendukung peralihan kepemimpinan nasional dari pemerintahan Bapak Jokowi kepada Bapak Prabowo-Gibran. Sebagai lembaga keumatan kita harus menjadi mitra kritis pemrintah, menyampaikan masukan-masukan yang membangun kepada pemerintah,” ujar Sahat.

DPP GAMKI juga membahas terkait Ranperpres PKUB yang akan disahkan. DPP GAMKI berharap bahwa PGI sebagai corong umat Kristen, dapat menampung dan menyalurkan aspirasi dari warga gereja demi terwujudnya kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia.

“Kami mendukung upaya PGI untuk melakukan pendataan konflik kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB) di Indonesia,”tambah, Sekretaris Umum DPP GAMKI Alan Christian Singkali.

Sebagai informasi juga bahwa DPP GAMKI menerima aduan dari kelompok masyarakat Penghayat Kepercayaan tentang rekognisi komunitas mereka dalam skema PKUB.

Di tempat yang sama, Sekretaris Umum MPH PGI, Pdt Jacklevyn Frits Manuputty yang biasa disapa Pendeta Jacky mengatakan mengapresiasi atas dukungan GAMKI.

“Lembaga keumatan harus terus bergandengan tangan dengan PGI demi melakukan hal-hal yang besar bagi gereja di masa-masa yang akan datang,” kata Jacky.

Pelaksanaan Pra-Sidang Raya berupa Pertemuan Raya Pemuda Gereja (PRPG) adalah salah satu ruang bagi GAMKI untuk bisa memberikan sumbangsih pemikiran bagi pemuda gereja.

“Sidang Raya ini adalah momentum untuk berkolaborasi menyusun strategi bersama dalam penatalayanan okumenisme. Dengan begitu gereja dan umat Kristen senantiasa memberikan kontribusi positif bagi negara, bangsa, masyarakat,” pungkas Pendetanya. (Davin)

Komentar