Perbup Beasiswa Miskin Berprestasi Sudah Ditandatangani Pj Bupati Bekasi

Pendidikan189 Dilihat

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat berkunjung ke sekolah

BeTimes.id– Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pedoman Pemberian Beasiswa bagi Siswa Miskin Berprestasi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah resmi ditandatangani.

Beasiswa tersebut memberikan kesempatan yang sama memperoleh hak akses pendidikan bagi semua anak di Kabupaten Bekasi. Perbup Beasiswa Pendidikan ini, dapat menjadi solusi bagi anak-anak miskin berprestasi yang kesulitan secara ekonomi.

“Saya sudah tandatangani Perbup mengenai bantuan beasiswa untuk anak-anak SD dan SMP miskin,” kata Dani Ramdan usai meresmikan perbaikan Jembatan Cipamingkis di Kecamatan Cibarusah, Jumat (17/5).

Pemberian beasiswa salah satu solusi memutus mata rantai kemiskinan dan dapat dimaknai bahwa beasiswa adalah upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia unggul yang ujungnya berkontribusi terhadap menurunnya angka kemiskinan, mencerdaskan masa depan bangsa, serta menjamin kesetaraan hak dalam memperoleh pendidikan.

Hadirnya Perbup ini, diharapkan masyarakat kurang mampu tidak lagi selalu berfokus pada Pembukaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Negeri. Sebab pemerintah daerah hadir memberikan jaminan pendidikan melalui beasiswa pendidikan tersebut.

“Tetapi yang miskin ini, tetap dilindungi. Walaupun dia di sekolah swasta, biaya pendidikannya dibantu supaya tetap bisa melanjutkan pendidikan. Di Perbup inilah dialokasikan anggarannya, sasarannya adalah siswa miskin berprestasi,” katanya.

Dikatakan, pada dasarnya Perbup ini mengatur pemberian bantuan pendidikan atau beasiswa kepada siswa miskin berprestasi, khusus pada jenjang pendidikan SD dan SMP. Namun pemerintah daerah juga sebelumnya telah mengalokasikan anggaran pada jenjang pendidikan selanjutnya. “Tapi sebenarnya ada juga alokasi untuk jenjang pendidikan SMA sampai Perguruan Tinggi. Kalau untuk Perguruan Tingginya ada di Disbudpora,” tambahnya.(adv)

Komentar