SKPD Terkait Dikerahkan, Antisipasi Kekeringan di Lahan Pertanian Kabupaten Bekasi

Uncategorized149 Dilihat

Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi menggelar rapat koordinasi bersama Dandim 0509/Kabupaten Bekasi dan para kepala dinas terkait serta pihak Perum Jasa Tirta II

BeTimes.id–Kekeringan yang melanda sejumlah lahan pertanian di beberapa kecamatan, di Kabupaten Bekasi harus cepat diatasi, dengan mengerahkan seluruh SKPD terkait daerah ini untuk mengatasi permasalahannya.

Pj Bupati Bekasi Dedy Supriyadi, ketika memimpin Rapat Pembahasan Upaya Penanganan Kekeringan akan menerjunkan aparat terkait.

Dedy Supriyadi menyampaikan, pembahasan rapat di Ruang Rapat Bupati KH. Ma’mun Nawawi, Komplek Pemda Kabupaten Bekasi, Jumat (23/8), untuk menindaklanjuti hasil tinjauan lapangan beberapa waktu lalu.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menerjunkan tim-tim operasional dari masing-masing perangkat daerah terkait untuk segera melakukan upaya penanganan darurat.

Seluruh Kepala OPD terkait mulai dari Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK), Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Satpol PP, hingga para camat turut serta dalam rapat ini.

“Dampak kekeringan di sektor pertanian ini tentu menjadi keprihatinan, karena itu pemerintah daerah hadir, bersama rekan-rekan dinas terkait.

Selain berupaya memperlancar saluran irigasi air dengan tindakan normalisasi serta penertiban bangunan liar di sekitarnya. Pemerintah Kabupaten Bekasi juga telah berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta (PJT) II untuk segera menambah debit air.

“PJT sudah berkomitmen, mulai hari ini menambah debit air. Karena memang kondisi di pintu air talang itu kurang supplai airnya,” ungkapnya.

Dedy menambahkan, setelah normalisasi, Pemkab Bekasi berkolaborasi dengan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi untuk membangun pagar serta membuat taman di sekitar bantaran sungai tersebut. Guna mengantisipasi bangunan liar serta menjaga keindahan lingkungan.

“Nanti juga akan dimanfaatkan untuk menanam sayur mayur dan tanaman lainnya yang dapat dipanen dalam jangka pendek, dalam rangka menjaga stabilitas dan kondisi ketahanan pangan di Kabupaten Bekasi,” tutupnya.(***)

Komentar