Wakil Bupati Bekasi Asep Surya Atmaja melepas 23 Kendaraan Dinas Operasional Roda Dua Untuk Pelayanan Adminduk Disdukcapil Kabupaten Bekasi.
BeTimes.id– Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi, DR.Carwinda, menjelaskan 23 kendaraan baru yang dilepas Wakil Bupati Bekasi, Asep Surya Atmaja untuk pelayanan jemput bola, terutama dalam pembuatan akta kematian.
Data akta kematian ini sangat penting karena berkaitan dengan berbagai kebijakan, seperti bantuan sosial, akses kesehatan, hingga kepemiluan.
Carwinda mengungkapkan pengurusan akta kematian masih tergolong minim dibandingkan akta kelahiran. “Jika akta lahir langsung diurus karena dibutuhkan untuk sekolah, akta kematian sering kali baru dibuat saat ada kepentingan tertentu seperti warisan. Bahkan banyak pendatang di daerah ini setelah meninggal tidak diurus administrasinya, padahal masih tercatat sebagai penduduk,” jelasnya.
Disdukcapil Kabupaten Bekasi kini memiliki aplikasi Call Center yang memungkinkan masyarakat mengurus akta kematian tanpa harus datang ke kantor. “Dengan kendaraan operasional ini, petugas langsung mendatangi rumah warga yang membutuhkan pelayanan,” pungkasnya.
Dengan adanya tambahan kendaraan operasional dan layanan jemput bola, memastikan seluruh masyarakat, termasuk yang berada di wilayah terpencil, dapat mengakses layanan administrasi kependudukan dengan lebih mudah dan cepat.
Langkah ini sejalan dengan komitmen peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam pengurusan dokumen penting seperti akta kelahiran dan akta kematian.
Selain itu, inovasi melalui aplikasi Call Center diharapkan dapat semakin mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi tanpa hambatan. Disdukcapil terus membuka ruang bagi masukan dan evaluasi guna memastikan pelayanan yang lebih responsif dan inklusif di masa mendatang.
Carwinda mengatakan itu setelah Wakil Bupati Bekasi, Asep Surya Atmaja, melepas 23 unit kendaraan operasional untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk).
Langkah ini untuk memperluas jangkauan layanan hingga ke wilayah terjauh, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan kependudukan.”Disdukcapil diharapkan semakin bisa menjemput bola, melayani masyarakat hingga ke pelosok,” ujar Asep usai memimpin Upacara Korpri di Plaza Pemkab Cikarang Pusat, Senin (17/3).
Asep menegaskan pihaknya berkomitmen meningkatkan pelayanan publik dan terbuka terhadap masukan masyarakat. Misalnya penyelesaian kendala yang dialami tenaga kesehatan dalam mengurus Surat Izin Praktik (SIP). “Kami panggil DPMPTSP, Diskominfosantik, dan Dinas Kesehatan untuk audiensi. Jangan sampai dokter sudah siap beroperasi tapi izinnya belum selesai, nanti bisa berisiko malpraktik. Akhirnya dibuat posko khusus agar pengurusan izin bisa selesai dalam sehari,” jelasnya.
Selain itu, Asep mengapresiasi program Botram dalam pemeriksaan golongan darah siswa di sekolah-sekolah. Program ini memberikan manfaat besar bagi siswa yang belum mengetahui golongan darahnya sekaligus menjadi sarana interaksi langsung dengan masyarakat. “Saya berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan diwariskan dari kepala daerah ke kepala daerah berikutnya,” tambahnya.(***)
Komentar